27 September 2015

Piknik Vietnam Tengah 16 September 2015

Hari ketiga di Vietnam, kami berpindah kota menuju Hội An. Dari Huế kami menyewa mobil beserta sopirnya. Perjalanan dari Huế menuju Hội An memakan waktu 5 (lima) jam dan melewati pesisir Laut Cina Selatan. Seharusnya 2 hari lalu kami melewati jalur ini menggunakan kereta api dari Đà Nẵng, namun karena cuaca buruk, kami melewatkan kedatangan kereta api.

Mobil yang menjemput kami Toyota Vios dan cukup baru. Cuaca hari ini masih agak mendung dengan angin kencang berhembus dari Laut Cina Selatan. Kami memilih jalur Hải Vân Pass, sebuah rute pegunungan yang membawa kami menuju puncak bukit di tepi laut, total jaraknya 21 km. Kebanyakan pengguna jalan, misalnya truk dan bus, sekarang melewati Terowongan Hải Vân. Hải Vân Pass hanya digunakan wisatawan yang memilih yang sedikit memutar namun dengan pemandangan yang indah.

Kami tiba di puncak Hải Vân Pass pukul 11.00 waktu setempat. Di sini kami mengambil foto dan berkeliling sejenak karena terdapat benteng peninggalan kerajaan Champa. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke kota Đà Nẵng. Di sini, kami beristirahat di salah satu pantai. Karena siang hari, pantai sepi dari pengunjung.

Puncak Hải Vân Pass

Dari pantai, kami lalu ke Rock Villa Hội An, tempat kami menginap selama 2 malam. Ini adalah sebuah butik villa yang berjarak 3 km dari pusat kota, namun letaknya di tepi sungai Hội An. Ketika check in, manajer hotel memberikan minuman selamat datang teh dan buah.

Setelah memasukkan tas ke dalam kamar, kami pun meminjam sepeda kepada hotel untuk mencari makan siang. Kami memutuskan untuk makan siang di pantai Hội An. Setelah selesai, kami melanjutkan bersepeda ke pantai An Bang. Di sini, kami mendapatkan pengalaman kurang menyenangkan karena diminta untuk membayar VND50.000 per sepeda oleh parkir liar di tempat ini.

Selesai dari pantai An Bang, kami lalu menuju ke pusat kota Hội An. Kami berkeliling sebentar lalu membeli bánh mì untuk makan malam. Setelahnya kami kembali ke hotel untuk beristirahat.