02 February 2013

Piknik Vietnam Selatan 21 Januari 2013 - Ho Chi Minh City - Jakarta

Di hari terakhir kami di Ho Chi Minh City hanya dihabiskan untuk berbelanja oleh-oleh dan cinderamata untuk kolega dan keluarga di Indonesia. Paginya kami sarapan terlebih dahulu di hostel. Ada yang menarik dengan cara sarapan di Phan Anh Hostel, yaitu setiap tamu diwajibkan untuk mengisi pilihan makanan yang diinginkan, Bánh Mì atau Phở dan buah-buahan. Seorang staf hotel akan menyiapkan pesanan tersebut, termasuk memasaknya. Memang tidak mewah, tapi sangat perhatian.

Tujuan kami berbelanja adalah Mekong Shop di Phạm Ngũ Lão dan Cho Bến Thành. Kami menghabiskan waktu seharian karena dan pada pukul 13.00, Mbak Tina pamit pulang terlebih dahulu karena pesawatnya ke Kuala Lumpur berangkat pukul 15.25. Kemudian Ferry dan Richard juga menyusul berangkat ke bandara pukul 14.30, pesawat mereka berangkat pukul 16.20. Mbak Tina, Ferry dan Richard bertemu kembali di Kuala Lumpur International Airport untuk naik pesawat ke Surabaya pukul 20.45.

Toko Suvenir Mekong Shop

Interior Toko
Sedangkan saya, Gege, Tiwi, dan Reza baru berangkat ke Tan Son Nhat International Airport pukul 17.00, dan sempat makan malam di Burger King terlebih dahulu karena pesawat kami baru akan berangkat pukul 20.35. Ketika akan melalui proses imigrasi, kami mengalami sedikit masalah. Ternyata bandara ini mewajibkan setiap penumpang untuk melakukan pengecekan dokumen di counter maskapai yang bersangkutan dan akan diberikan boarding pass baru. Karena kami pikir sudah check-in sebelumnya sehingga tidak perlu lagi melaporkan diri seperti di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Kuala Lumpur International Airport.

Waktu yang tadinya cukup banyak, karena ketidaktahuan ini menjadikan kami terburu-buru untuk proses check-in dan imigrasi ulang. Untungnya, kami berhasil menyelesaikan proses tersebut pukul 20.00 dan tidak lama kami sampai di gate, pemberitahuan bagi penumpang untuk masuk ke pesawat diumumkan. Perjalanan pulang berjalan dengan lancar dan kami tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 23.20. Setelah menyelesaikan proses imigrasi dan bea cukai, kami mencari taksi untuk pulang ke rumah masing-masing.

(Selesai)
Post a Comment