12 May 2012

Pembelian PLN Prabayar via Mandiri Internet

Salah satu fitur dari Mandiri Internet adalah pembelian pulsa PLN Prabayar. Hal ini memudahkan jika saya ingin membeli pulsa tanpa perlu keluar rumah. Setelah mencoba, ternyata langkah yang ditempuh tidak semudah yang saya bayangkan sebelumnya. Berikut pengalaman saya:

1. Masuk ke laman Mandiri Internet, lalu pilih menu "Pembayaran" dan sub menu "Multi Payment"



2. Setelah memilih PLN Prabayar di kolom "Penyedia Jasa", masukkan nomor ID pelanggan dan jumlah pulsa yang diinginkan. Setelah selesai tekan tombol "Lanjutkan". 

3. Centang jumlah pulsa yang akan dibeli, pilih APPLI 1 pada token dan masukkan "Challenge Code", setelah selesai lalu tekan "Lanjutkan".

4. Halaman konfirmasi bahwa pembelian berhasil akan muncul kemudian. Di sini timbul masalah karena nomor token yang akan dimasukkan ke Meteran PLN tidak muncul. Pesan dari Mandiri hanya ada nomor referensi dan pesan bertuliskan "Lakukan adv/ purchase untuk mendapatkan nomor token". Saya berusaha mencari di Internet apa maksud dari pesan ini, dan mendapatkan keterangan bahwa hal ini umumnya terjadi pada Mandiri ATM. Pada kasus tersebut, pembeli diharuskan memasukkan nomor referensi melalui menu Advice Purchase di 30301. Saya kemudian memberanikan diri untuk mencoba hal yang sama melalui Mandiri Internet. Kembali saya membuka menu "Pembayaran", "Multi Payment", lalu pada kolom "Penyedia Jasa" saya memilih "30301 PLN PrePaid Advice", dan memasukkan nomor referensi yang telah saya catat.


5. Setelah selesai, saya tekan "Lanjutkan". Syukurlah, pada halaman yang berikutnya, 20 nomor token yang akan dimasukkan ke meteran PLN muncul. Masalah saya terselesaikan :)
Post a Comment